Wednesday, November 9, 2016

Mantan Diktator Filipina Akhirnya Diizinkan Dimakamkan Sebagai Pahlawan

 

gudangpker.com/20
 Gudang hoot News  - Manila- Mahkamah agung Filiopina akhirnya mengizinkan Ferdinand Marcos untuk dikebumikan di taman makam pahlawan. Hal ini dianggap kontroversial sebab Marcos dikenal sebagai seorang diktator semasa hidupnya ketika ia memimpin Filipina.

Keputusan ini awalnya di ucapkan Oleh Persiden Filipina Rodrigo Duterte
pada Mei 2016. Rencana pemakaman Marcos di taman makam pahlawan Manila ini dilontarkan Duterte setelah tiga dekade lalu sang mantan diktator di Filipina tersebut digulingkan oleh rakyatnya dan memaksa Marcos ke pengasingan di Amerika Serikat.

Keputusan Kontroversial ini di perkuat dengan keputusan dari pihak
Mahkamah Agung  Filipina. “Tidak ada hukum yang melarang pemakaman tersebut,” ujar juru bicara Mahkamah Agung Filipina, Theodore Te, sebagaimana dikutip AFP, Kamis (10/11/2016).

Keputusan ini langsung disambut baik oleh para pendukungnya Marcos yang menunggu di luar gedung
Mahkamah Agung. Namun, hal itu langsung membuat pihak oposisi terhadap keputusan tersebut sedih.

''jika seseorang penyiksa adalah pahlawan, maka apa setatus para korban? apa status dari jutaan orang yang menggulingkan saat diktator? ini adalah akhir yang mengerikan serta tragis dalam salah satu bab
yang paling tragis dari sejarah kita,” tutur Neri Colmenares yang pernah merasakan siksaan dari pasukan keamanan Marcos.

Marcos sendiri menguasai filipina selama dua dekade hingga beberapa figur militer bersama jutaan warga filipina turun kejalan dan memintanya lengser.

Demonstrasi ini merupakan salah satu inspirasi pergerakan demokrasi yang akhirnya menyebar ke seluruh wilayah Asia dan dunia.

No comments:
Write comments